1.
Sebutkan perbedaan dari manajemen dan organisasi
?
Jawab :
Pengertian Manajemen Menurut James A.F.
Stoner
Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
Organisasi Menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
Sumber :
2.
Mengapa manajemen selalu dibutuhkan dalam setiap
aktivitas kita ? Jelaskan ?
Jawab :
karena manajemen sangat dibutuhkan oleh semua organisasi.
Tanpa manjemen semua usaha akan
sia-sia dan pencapaian tujuan akan lebih sulit. Ada tiga alasan utama
diperlukannya mempelajari dan menerapkan manajemen dalam lingkungan pribadi
maupun organisasi, yaitu :
1. Untuk
mencapai tujuan. Manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi dan
pribadi.
2. Untuk
menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan.
Manajemen dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan,
sasaran-sasaran, kegiatan-kegiatan, yang saling bertentangan dari pihak-pihak
yang berkepentingan dalam organisasi, seperti pemilik dan karyawan, maupun
kreditur, pelanggan, konsumen, supplier, serikat kerja, asosiasi perdagangan,
masyarakat dan pemerintah .
3. Untuk
mencapai efisiensi dan efektivitas. Suatu kerja organisasi dapat diukur dengan
bayak cara yang berbeda. Salah satu cara yang umum adalah efisiensi dan
efektivitas.
3.
Apa yang dimaksud dengan manajer yang efisien
dan manajer yang efektif ?
Jawab :
Manajer
Efisiensi adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar.
Seorang manajer efisien adalah seseorang yang mencapai keluaran yang lebih
tinggi (hasil, produktivitas, performance) dibanding masukan=masukan (tenga
kerja, bahan, uang, mesin, dan waktu) yang digunakan.
Sedangkan
manajer efektivitas merupakan kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atau
peralatan yang tepat untuk pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Dengan kata
lain, seorang manajer efektif dapat memilih pekerjaan yang harus dilakukan atau
metoda (cara)yang tepat untuk mencapai tujuan.
4.
Apa yang dimaksud dengan prinsip koordinasi itu
dan mengapa prinsip tersebut diperlukan ?
Jawab :
Prinsip –prinsip koordinasi
Lantaran adanya pembagian kerja
dalam organisasi,maka individu-induvidu dan kel-kel dalam organisasi hanya
merupakan bagian dari organisasi yang masing-masing mempunyai fungsi dan
tujuanan sendiri-sendiri. Namun,tujuan
tersebut harus diarahkan guna mencapai
tujuan organisasi yg telah ditetapkn .keadaan itu bagaikn sebuah kesebelasan
sepakbola dalam rangka melakukan pertandingan ,yang masing-masing permain dengan fungsi dan keahliannya yang
berbeda mengarah pada satu tujuan, yaitu memasukan bolake gawang lawan. Secara rinci
prinsip-prinsip kordinasi adlah :
a. Prinsip
kesatuan arah dan tujuan
b. Prinsip
kesepakan tentang kegiatan atau tindakan yang harus dilakukan masing-masing
pihak,termasuk target dan jadwalnya
c. Prinsip
ketaatan atau loyalitas
d. Prinsip
saling tukar informasi tentang kegiatan,hasil
yang dicapai dan masalah yang dihadapi
e. Prinsip
saling menghormati,saling percaya dan salong membantu
f.
Prinsip prinsiprofesionalitas
g. Prinsip
saling dapat dipercaya
h. Prinsip
ketepatan penggunaan alat koordinasi
i.
Prinsip efisiensi
j.
Prinsip adanya koordinator atau pemimpin yang
menggerakan dan memonitor seluruh pelaksaankerja sama dalam organisasi dan
mengerti serta mampu memecahkan masalah-masalah yang dihadapi.
Sumber :
http://books.google.co.id/books?id=4VWyqzMVdK0C&pg=PA74&lpg=PA74&dq=%22prinsip+koordinasi+adalah+%22&source=bl&ots=Y3UlRGG5nG&sig=5rwti1WuDHO653Mg4pBNOM2GiR4&hl=id&ei=qqvUTJ_tHpH0vQO8nrynCQ&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=2&ved=0CBkQ6AEwAQ#v=onepage&q=%22prinsip%20koordinasi%20adalah%20%22&f=false
5.
Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi
motivasi dalam dirimu ?
Jawab :
motivasi seorang individu sangat dipengaruhi oleh
berbagai faktor, baik yang bersifat internal maupun eksternal. Termasuk pada
faktor internal adalah :
(a) persepsi seseorang mengenai diri sendiri;
(b)
harga diri;
(c) harapan pribadi;
(d) kebutuhaan;
(e) keinginan;
(f) kepuasan
kerja;
(g) prestasi kerja yang dihasilkan.
Sedangkan faktor eksternal mempengaruhi motivasi
seseorang, antara lain ialah :
(a) jenis dan sifat pekerjaan;
(b) kelompok
kerja dimana seseorang bergabung;
(c) organisasi tempat bekerja;
(d) situasi
lingkungan pada umumnya;
(e) sistem imbalan yang berlaku dan cara penerapannya.
sumber :
http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/02/06/teori-teori-motivasi/
godd post …
BalasHapusBtw, referensi
http://bennyantoni.blogspot.com/2010/03/pengertian-manajemen.html itu blog saya
Senang blog saya di kunjungi …
Jgn lupa di follow yakh :D