1.
Jelaskan secara singkat 5 konsep pemasaran ?
Jawab :
·
Konsep produksi adalah anggapan pemasar yang
berorientasi kepada proses produksi ( internal ) bahwa konsumen hanya akan
membeli produk-produk yang murah.
·
Konsep produk adalh anggapan pemasar bahwa konsumen
lebih menghendaki produk-produk yang berkualitas atau berpenampilan baik.
·
Konsep penjualan adalah anggapan pemasar yang
berorientasi kepada tingkat penjualan ( internal ) bahwa konsumen perlu
dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehingga tercapai profit maksimum
sebagai tujuan perusahaan.
·
Konsep pemasaran adalah anggapan pemasar yang
berorientasi kepada pelanggan ( eksternal ) bahwa konsumen hanya akan bersedia
membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan.
·
Konsep pemasaran yang memasyarakat ( social )
adalah anggapan pemasar bahwa konsumen hanya bersedia membeli produk-produk
yang mampu memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan lingkungan sosial konsumen.
2.
Sebutkan dan jelaskan beda pasar dan pemasaran ?
Jawab :
Pasar adalah kelompok individual (
perorangan maupun organisasi ) yang mempunyai permintaan terhadap barang
tertentu, berdaya beli, dan berniat merealisasikan pembelian tersebut.
Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk
menjalankan bisnis ( profit atau nonprofit ) guna memenuhi kebutuhan pasar
dengan barang dan atau jasa, menetapkan bunga,mendistribusikan, serta
mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai
tujuan perusahaan.
3.
Apa bedanya kebutuhan dan keinginan berdasarkan
konsep inti pemasaran ?
Jawab :
Kebutuhan adalah
sesuatu yang diperlukan oleh manusia sehingga dapat mencapai kesejahteraan,
sehingga bila ada diantara kebutuhan tersebut yang tidak terpenuhi maka manusia
akan merasa tidak sejahtera atau kurang sejahtera. Dapat dikatakan bahwa
kebutuhan adalah suatu hal yang harus ada, karena tanpa itu hidup kita menjadi
tidak sejahtera atau setidaknya kurang sejahtera.
Sedangkan
keinginan adalah sesuatu tambahan atas kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi
sehingga manusia tersebut merasa lebih puas. Namun bila keinginan tidak
terpenuhi maka sesungguhnya kesejahteraannya tidak berkurang.
4. Jelaskan
dengan singkat apa yang dimaksud dengan marketing mix ?
Jawab :
Marketing Mix
adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus-menerus
mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran”. Berdasarkan definisi
tersebut diatas bahwa bauran pemasaran ( mareting mix ) adalah kombinasi
beberapa elemen bauran pemasaran untuk memperoleh pasar, pangsa pasar yang
lebih besar, posisi bersaing yang kuat dan citra positif pada pelanggan
sehingga dapat kita artikan bahwa tujuan pemasaran adalah untuk meningkatkan
jumlah pelanggan, meningkatkan hasil penjualan, serta dapat memberikan
keuntungan untuk perusahaan dan stakeholdernya.
sumber :
Dasar pemasaran oleh Teguh Budiarto
bagus banget, terimakasih infonya semoga bermanfaat. https://shopee.co.id/Madu-Gemuk-Anak-SQUABUMIN-BPOM-Asli-Bantu-Atasi-Speach-Delay-Si-Kecil-i.544441521.12530759663
BalasHapus